Rabu, 04 Desember 2013

posted : dwi ayu Keanekaragaman Makhluk Hidup



A.      Keanekaragaman Makhluk Hidup

      Tahukah anda bahwa jumlah makhluk hidup yang ada di bumi ini diperkirakan sekitar 100 juta jenis , bahkan lebih . jika makhluk hidup ditambahkan dengan makhluk yang sudah menjadi fosil , maka ada sekitar 500 juta jenis . jenis makhluk hidup yang sangat banyak memiliki keanekaragaman yang hampir tidak terbatas . hal itu dapat di lihat dari bentuk tubuh , warna tubuh , ukuran tubuh , makanan , cara berkembang biak , cara beradaptasi , tingkah laku , penampilan , habitat  dan sebagainya .                                                                 
       Bagaimana cara kita mempelajari banyaknya keanekaragaman makhluk hidup di dunia ini? Untuk mempermudah dalam mempelajari dan mengenal berjuta-juta jenis makhluk hidup, para ilmuwan menerapkan sistem tertentu , yaitu dengan menggunakan klasifikasi makhluk hidup .
       Andaikan suatu hari anda menemukan “suatu makhluk hidup” , banda agaimana cara anda menggolongkan makhluk hidup itu ? termasuk jenis tumbuhan hidup tersebut anda golongkan sebagai hewan , maka langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan mengetahui ciri-ciri yang dapat di lihat dan di amati terlebih dahulu ,misalnya tingkah laku, penampilan , makanan , cara brkembang biak , dan lain-lain . adapun jika makhluk itu anda golongkan sebagai tumbuhan , coba ingat-ingat kembali mengenai ciri-ciri dari dunia tumbuhan seperti tempat tumbuhan , batang , bntuk daun  , tumbuhan dan hewan dapt di amati dari geraknya , hewan dapat bergerak bebas (pindah tempat) sedangkan tumbuhan hanya bergerak di tempat . untuk itulah perlu adanya klasifikasi makhluk hidup .
      Setelah mengetahui ciri-ciri dari makhluk hidup, tentu anda sudah pada mengetahui bahwa klasifikasi merupakan suatu cara mengelompkan yang didasarkan ciri-ciri tertentu , seperti contoh di atas. Para ilmuan mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan banyaknya peersamaan dan perbedaan , baik morfologi , fisiologi , maupun anatominya. Makin banyak persamaan , dikatakan makin dekat tali kekerabatannya .
        Dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, makin maju pula para ilmuwan dalam mengelompokkan makhluk hidup dan makin teliti secara terinci mengamati perbedaan-perbedaan yang dapat di ungkap. Dalam menggolongkan makhluk hidup , maka kita tidak berhenti hanya sampai pernyataan bahwa sesuatu tergolong tumbuhan aatau hewan .
B.      Tujuan ,Manfaat , Dan dasar-dasar Klasifikasi Makhluk Hidup
       Klasifikasi makhluk hidup pada  mulanya dibedakan atas dua kelompok , yaitu makhluk hidup yang bermanfaat dan tidak bermanfaat. Selanutnya, pengklasifikasian itu di kembangkan dengan  dengan cara lain seperti  berdasarkan tempat hidupnya , misalnya hewan darat dan hewan air , tumbuhan darat dan tumbuhan air , berdasarkan ukuran besar kecilnya , misalnya tumbuhan rumput-rumputan , tumbuhan pepohonan , tumbuhan perdu dan berdasarkan kegunaannya , misalnya tumbuhan pangan , tumbuhan obat-obatan , dan lain-lain

1.       Tujuan dan Manfaat Klasifikasi Makhluk Hidup
            Sampai saat ini , jumlah makhluk hidup semakin banyak dan beranekaragam , baik dalam hal ukuran, bentuk struk tubuh , maupun cara hidupnya . karen begitu kompleknya , tak mungkin klasifikasi makhluk hidup tersebut hanya menggunakan cara-cara sederhana seperti telah di jelaskan di depan . sistem klasifikasi makhluk hidup terus berkembang  seperti  perkembangan ilmi-ilmu lain. Oleh karena itu, sistem klasifikasi makhluk hidup dipelajari tersendiri dalam cabang ilmu biologi, yaitu taksonomi yang khusus membahas sistem pengelompokan makhluk hidup .
     Seperti kita ketahui bersama bahwa klasifikasi merupakan suatu cara pengelompokan makhluk hidup yang didasarkan pada ciri-ciri tertentu. Sebenarnya apa tujuan dari sistem klasifikasi itu ? tujuan dari klasifikasi makhluk hidup adalah :
A.      Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimiliki 
B. mendekskipsikan ciri-ciri suatu jenis makhluk hidup untuk membedakannya dengan makhluk hidup dari jenis yang lain  .
C.       Mengetahui hubungan kekerabatan anatar makhluk hidup            
D.       Memberi nama makhluk hidup yang belum di ketahui namanya .
Berdasarkan tujuan tersebut, sistem klasifikasi makhluk hidup memiliki manfaat sebagai berikut :
A.      Memudahkan kita dalam mempelajari makhluk hidup yang sanagt beranekaragam . jika ini mengamati jantung dari anggota aves  , apakah anda akan membuka seluruh jantung semua jenis burung atau / aves ? tentu tidak mungkin .  bayangkan, betapa repotnya bila kita harus
Melakukan hal itu . anda cukup mengamati jantung dari  salah satu anggota aves , misalnya burung darah .
B.      Mengetahui hubugan kekerabatan antara makhluk hidup satu dengan yang lain . apabila anda mengamati hewan kelelawar, elang, dan marmut apakah kelelawar termasuk golongan mamalia sama seperti marmut ? jika kita amati dengan seksama , maka kelelwar memiliki kesamaan dengan marmut, yaitu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar